Home / BERITA / KPU Palopo Gelar Uji Coba Situng Pemilu 2019

KPU Palopo Gelar Uji Coba Situng Pemilu 2019

PALOPO – Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo menggelar uji coba sistem informasi Penghitungan Suara (SITUNG) yang akan digunakan KPU dalam Pemilu Serentak Tahun 2019, di kantor KPU Kota Palopo, Jalan Pemuda Kel. Takkalala, Kota Palopo, Selasa (/02/04/2019).

Hadir dalam sosialisasi tersebut, Pimpinan Partai Politik Se-Kota Palopo, Bawaslu Kota Palopo serta Unsur Forkopinda Kota Palopo.

Menurut Komisioner KPU Kota Palopo, Divisi Teknis Ahmad Adiwijaya menjelaskan, Sistem Informasi Penghitungan Suara (SITUNG) Pemilu 2019 hampir sama dengan SITUNG Pemilu 2014 namun terlihat lebih kompleks dari Pemilu sebelumnya.

“SITUNG kali ini akan lebih kompleks dari pemilu-pemilu sebelumnya, pasalnya pada Pemilu 2019 kali ini pemindaian C1 akan dilakukan berbarengan lantaran Pileg dan Pilpres digelar bersamaan”.

Kalau Pemilu 2014, pemindaian (scanning) formulir Pileg dan Pilpres tidak dilakukan secara bersamaan karena Pemilu belum dilaksanakan secara serentak, tidak seperti Pemilu Tahun 2019 ini.

Ahmad Adiwijaya menambahkan “Setelah dipindai, data dari C1 akan dipublikasikan melalui SITUNG. Dari situ, masyarakat dan pihak-pihak terkait akan langsung mendapatkan informasi seputar Penghitungan suara yang akurat dan kredible”.

Selain itu, Kepala Sub Bagian Divisi Teknis KPU Kota Palopo, Rahmansyah menargetkan pihaknya akan sesegera mungkin menyelesaikan proses penginputan dalam rentan waktu kurang dari 1 minggu.

“Kami akan memprediksi dalam waktu 5×24 jam proses penginputan telah selesai 100 %, hal ini tergantung dari formulir C1 yang diserahkan oleh PPS ke kantor KPU Kota Palopo, semakin cepat PPS menyerahkan salinan Formulir Model C.1 maka semakin cepat pula kami menyelesaikan proses penginputannya”.

Sebelumnya, KPU Kota Palopo telah merekrut tenaga Operator SITUNG sebanyak 25 orang yang nantinya akan bekerja melakukan proses Penginputan dan pemindaian Formulir Model C-1 disemua jenis Pemilihan.

About admin

Check Also

KPU Palopo Gelar Rakor Pengamanan Jelang Pemilu 2019

Palopo – Komisi Pemilihan Umum Kota Palopo menggelar rapat koordinasi terkait pengamanan Pemilu Serentak Tahun …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *