KPU Pleno Hasil Rekapitulasi & Verifikasi Faktual Berkas Perbaikan Dukungan Bapaslon Perseorangan Gubernur Sulsel dan Walikota Palopo

KPU Pleno Hasil Rekapitulasi & Verifikasi Faktual Berkas Perbaikan Dukungan Bapaslon Perseorangan Gubernur Sulsel dan Walikota Palopo

PALOPO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palopo Pleno Hasil Rekapitulasi dan Verifikasi Faktual perbaikan dukungan bakal pasangan calon (bapaslon) jalur perseorangan pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palopo tahun 2018, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2019, di Ruangan Media Center KPU Palopo, Jl Pemuda, Kel Takkalala, Kec Wara Selatan Kota Palopo. Kamis (08/02/2018).

Rapat Pleno tersebut dibuka lagsung oleh Ketua KPU Kota Palopo, Haedar Djidar, didampingi komisioner lainnya, Amran Annas, Samsul Alam, Faisal Mustafa, dan Faisal S Sos.

Pada Rapat Pleno tersebut, KPU Kota Palopo menetapkan berkas perbaikan dukungan Bapaslon Buya Iksan A Mattotorang – Andi Togelangi Sulthani (Buya-Tolerans) tidak memenuhi syarat. Sedangkan, Bapaslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Ichsan Yasin Limpo – HA Mudzakkar (IYL-Cakka) dinyatakan memenuhi syarat untuk maju ke Pemilihan Gubernur.

“Sesuai hasil pleno verifikasi dan rekapitulasi dukungan, pasangan Buya-Tolerans hanya memperoleh dukungan bersih 6.187. Artinya, mereka tidak memenuhi syarat bertarung di pilwalkot. Untuk bapaslon IYL-Cakka, keduanya memenuhi syarat lolos ke pilgub, dan hasil plenonya segera diteruskan ke KPU Sulsel,” tandas Komisioner KPU Palopo, Syamsul Alam.

Pilkada serentak yang digelar 27 Juni 2018 mendatang, ada dua bakal pasangan calon yang berkas calon dan pencalonannya memenuhi syarat, yaitu HM Judas Amir – H Rahmat Masri Bandaso (JUARA), serta Akhmad Syarifuddin Daud – Budi Sada (OME-BISA). KPU dijadwalkan menggelar rapat pleno penetapan calon, Senin, 12 Februari 2018 dan pencabutan nomor urut calon di 13 Februari 2018.

Share this post